Wakapolda Kalbar Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Bina Karuna Kapuas 2023

81
0

MediaSuaraMabes, Pontianak Kalbar – Dalam menanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Kalimantan Barat, Polda Kalbar menggelar apel gelar operasi Bina Karuna Kapuas, di Lapangan Jananuraga Mapolda Kalbar, Kamis 2 Maret 2023.

Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Asep Safrudin mengatakan, Kalimantan Barat memiliki wilayah perkebunan yang sangat luas dan rawan akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Faktor pemicu terjadinya karhutla ini yaitu membuka lahan dengan cara dibakar, ini perlu menjadi perhatian khusus.

“Agar mengingatkan kepada masyarakat jangan ada lagi membuka lahan dengan cara dibakar, ini merupakan tanggung jawab kita bersama dalam menanggulangi Karhutla di Kalbar tahun 2023,” jelas Wakapolda Kalbar.

Tentunya ini sangat merugikan pertumbuhan ekonomi dan kehidupan serta dapat mengakibatkan bencana alam, serta dampak lainnya seperti gangguan kesehatan, menggangu transportasi udara, darat dan laut.

Menurutnya, dalam rangka pencegahan dan penanggulangan terhadap kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan bencana kabut asap, Polda Kalbar menggelar Operasi Bina Karuna Kapuas 2023 selama 21 hari.

“Lebih mengedepankan kegiatan preemtif tentang antisipasi kebakaran hutan dan lahan,” ungkapnya.

Ia menegaskan kepada masyarakat yang membuka lahan dengan cara dibakar tentunya akan dilakukan penegakan hukum.

“Penanganan karhutla harus dilakukan sinergitas dengan seluruh stakeholder terkait, supaya hasilnya dapat lebih optimal,” tutup Wakapolda Kalbar. (Humas Polda Kalbar)

Hepni JK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here