SMKN 3 Selong Gelar Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Siswa Guna Mendapatkan Sertifikat kompetensi Pendamping Ijazah

97
0

MediaSuaraMabes, Lombok Timur – SMK BISA!! slogan tersebut tentunya tidak berlebihan jika dilihat dari kwalitas SDM lulusan siswa-siswi SMK,betapa tidak lulusan-lulusan SMK sudah di bekali dengan keahlian di bidang kejuruannya,(sertifikasi).

seperti halnya yang di lakukan oleh siswa-siswi Sekolah Menengan Kejuruan (SMKN 3 ) Selong mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMKN 3 Selong Ruhiyadi AR menyebutkan, UKK digelar selama dua hari mulai dari rabu sampai dengan hari kamis dengan penguji yang berasal dari dunia industri yang sudah ahli dalam bidangnya.

“Tujuannya keterampilan yang sudah didapat dari sekolah akan diuji oleh para asesor dari lembaga sertifikasi kompetensi, sehingga ketika siswa kompeten maka sertifikat yang didapat sebagai pendamping ijazah, dan dapat menjadi syarat untuk diterima di dunia industri ketika masuk dunia kerja,” katanya.

Menurut dia, lulusan SMK ini merupakan lulusan yang sudah disiapkan untuk menjadi tenaga yang siap kerja, untuk menguji ini, anak – anak tentunya harus di uji terlebih dahulu apakah sudah kompeten atau seperti apa.

Untuk SMKN 3 Selong sendiri katanya, ada enam jurusan yang dilakukan Uji Kompetensi, diantaranya jurusan Tehnik Kendaraan Ringan ( TKR), Tehnik Sepeda Motor (TSM), Tehnik Multimedia, Tehnik Elektronika (Audio Vidio),Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL), Tehnik Komputer Jaringan ( TKJ) dan Desain Komunikasi Visual.

” Dalam pelaksanaan UKK sekolah berkerja sama dengan perusahaan – perusahaan besar seperti SUZUKI dan YAMAHA, dan beberapa dunia usaha dan industri sesuai dengan persyaratan,”ujarnya.

Dengan menggandeng dunia usaha dan industri ini harapannya kedepan, siswa yang dinilai layak bekerja, diharapkan nanti para industri dan usaha yang ada, dapat menarik siswa – siswi kita dan mampu terserap di dunia kerja.

Hal itu juga, sesuai dengan harapan dari kepala bidang SMK Dikbud NTB, dimana satu anak diharapkan dapat menciptakan satu usaha baru.

“Dengan keterampilan siswa yang kita miliki ini, kita berharap anak – anak tidak bingung setelah lulus sekolah, tapi dia dapat mengembangkan ilmu yang telah dipelajari selama tiga tahun,”harapnya.

Sementara itu, salah satu siswa kelas XII Jurusan Tehnik Audio Visual Ryan Hidayat mengaku UKK yang dilakukan ini sangat bermanfaat bagi dirinya. Dengan adanya UKK ini, tentunya dirinya dapat mengukur sejauh mana pengetahuan selama menuntut ilmu.

” Insya Allah, berkat bimbingan dari guru disini, kita dapat menjawab semua pertanyaan dan soal yang ada,”akunya.(Red*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here