Pemkab Beltim Mulai Kegiatan Safari Ramadan

69
0

MSM TV, Beltim – Bupati Belitung Timur Burhanudin membuka kegiatan Safari Ramadan Pemkab Beltim 1444 Hijriah/2023 Masehi di Auditorium Zahari MZ, Senin (27/3/23). Sama seperti tahun sebelumnya, Safari Ramadan Pemkab Beltim akan digelar sebanyak 10 kali kegiatan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Bani Machtum mengatakan kegiatan Safari Ramadan berbeda dengan Buka Puasa Bersama. Safari Ramadan adalah ajang untuk silaturahmi dan pembinaan keagamaan kepada masyarakat.

“Intinya Safari Ramadan itu jadwal tahunan yang telah kita programkan di Bagian Kesra. Dalam Safari Ramadan kita memberikan pembinaan nilai-nilai keagamaan sekaligus menguatkan syiar Islam kepada masyarakat,” kata Bani.

Saat Safari Ramadan di desa-desa atau 7 Kecamatan di Kabupaten Beltim, kata Bani masyarakat yang mengundang para pimpinan daerah untuk hadir di tengah-tengah mereka. Bukan untuk buka puasa namun untuk melihat langsung kondisi rumah ibadah dan juga bersilaturhami.

Dalam Safari Ramadan kita mendekatkan pimpinan dengan masyarakat. Kecamatan yang mengadakan Safari dan mengundang Bupati Wakil serta OPD yang bergiliaran untuk menghadiri undangan Safari,” ujar Bani.

Sementara itu Bupati Beltim Burhanudin melarang seluruh ASN, terutama pejabat di Pemkab Beltim untuk melaksanakan kegiatan Buka Puasa Bersama di Bulan Ramadan. Hal ini merupakan tindak lanjut aturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat mengenai larangan Buka Puasa Bersama bagi Seluruh ASN.

Sebagai pemerintah di bawahnya kita meneruskan apa yang menjadi arahan dari Pak Presiden. ASN saat ini tengah disorot oleh masyarakat, untuk itu marilah kita sebagai ASN untuk tidak menunjukkan gaya hidup yang glamor atau yang aneh-aneh,” kata Aan sapaan Akrab Burhanudin.

Di kondisi ekonomi sekarang ini akan lebih baik jika ASN menjaga perasaan hati masyarakat. Alangkah lebih baiknya jika ASN memiliki rezeki berlebih, dapat mensedekahkan sebagian hartnya dengan orang yang membutuhkan.

“Mending kita banyak-banyak bersedekah di Bulan Ramadan ini. Apalagi di sekeliling kita banyak sahabat, tentangga atau pun masyarakat yang membutuhkan bantuan uluran tangan kita.” Ujar Aan.

Pembukaan Safari Ramadan Pemkab Beltim diawali dengan Sholat Ashar berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Safari Ramadan Pemkab Beltim oleh Bupati, yang ditutup dengan tausiah oleh Ketua MUI Kabupaten Beltim Suyatno Taslim.

Pembukaan Safari Ramadan dihadiri oleh Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar, Danlanud Tanjungpandan Letkol Rudy Hartono, Sekda Beltim Ikhwa Fachrozi, pimpinan OPD, Ormas Islam dan tokoh agama.

Berikut Jadwal Safari Ramadan Pemkab Beltim :

1. Senin, 27 Maret 2023 Auditorium Zahari MZ (Pembukaan Safari Ramadan)
2. Selasa, 28 Maret 2023 Mesjid An-Najjah Desa Nyuruk Kecamatan Dendang
3. Rabu, 29 Maret 2023 Mesjid Al-Furqon Desa Air Madu Kecamatan Simpang Renggiang
4. Kamis, 30 Maret 2023 Mesjid Al Barkah Desa Mempaya Kecamatan Damar
5. Senin, 3 April 2023 Mesjid Al-Qoddar Desa Buding Kecamatan Kelapa Kampit
6. Selasa, 4 April 2023 Mesjid Asy Syakur Desa Simpang Pesak Kecamatan Simpang Pesak
7. Rabu, 5 April 2023 Mesjid Nurul Jannah Desa Mekar Jaya Kecamatan Manggar
8. Jum’at, 7 April 2023 Mesjid Agung Darussalam Desa Baru Kecamatan Manggar Malam Nuzulul Quran
9. Senin, 10 April 2023 Mesjid Al-Mahabah Desa Lilangan Kecamatan Gantung
10. Selasa, 11 April 2023 Auditorium Zahari MZ (Penutupan Safari Ramadan).(Ramli).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here