Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Kalurahan Logandeng Kapanewon Playen

70
0

MediaSuaraMabes, Gunungkidul – Bertempat di Balai Kalurahan Logandeng Playen Gunungkidul, Pada hari Senin tanggal 6 Maret 2023 telah dilaksanakan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Kalurahan Logandeng Kapanewon Playen

Acara di buka sambutan dari Lurah Logandeng Playen Suhardi .SIP, Terimakasih kami sampaikan kepada kesbangpol Gunungkidul yang telah mamfasilitasi kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Gunungkidul pada hari ini , semoga kegiatan ini bisa terus di laksanakan di lokasi lain di Gunungkidul,

Turut hadir dalam kegiatan ini
DPRD Gunungkudul (Drs. H. Supriyadi)
Kepala Kesbangpol Gunungkidul ( Johan Eko Sudarto, S.Sos., M.H.)
Kapolres Gunungkidul (AKBP Edy Bagus Sumantri, S.I.K)
FKUB Gunungkidul (H. Sugasto, S.Ag., M.A.)
Kapolsek Playen (AKP Sigit Teja Sukmana, S.IP., MIP.)

Dalam sambutanya Kepala Kesbangpol Gunungkidul Johan Eko Sudarto, S.Sos., M.H. Menyampaikan bahwa Kegiatan ini terselenggara atas pokok pokok pikiran dari DPRD Kabupaten Gunungkidul.

Perlu bersama sama kita untuk membangun kesatuan persatuan bangsa dalam modal sosial. Dalam membangun modal sosial, kita membutuhkan adanya partisipasi dari seluruh warga, Mari bersama sama untuk membangun merawat kesatuan kerukunan umat bergama di wilayah Gunungkidul

Drs. H. Supriyadi DPRD Gunungkidul menyampaikan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama merupakan program kegiatan anggota dewan, yang dimana Kegiatan itu menggunakan dana alokasi 1 milyar, sehingga dikembangan menjadi pokok pikiran program program fisik.

Diharapkan dalam kegiatan tersebut apabila mendapati permasalahan permasalahan di kewilayahan agar dapat disampaikan guna menampung aspirasi masyarakat. Bagaimana mamahami wawasan kebangsaan di Indonesia, sehingga akan terjalin situasi kamtibmas yang kondusif.

Kapolres Gunungkidul AKBP Edy Bagus Sumantri, S.I.K menuturkan Situasi kamtibmas di wilayah Gunungkidul secara umum kondusif, namun masih ada beberapa potensi gangguan kamtibmas yang perlu mendapat perhatian khusus yang diantaranya meningkatnya aktivitas politik dengan dimulainya tahapan pemilu 2024, kejahatan jalanan, intoleransi/radikalisme, adanya napiter dan eks napiter di wilayah Gunungkidul.

“Mari kita semua bersama sama untuk bisa menyaring informasi dari medsos, jangan sampai berita kecil menjadi dibesar besarkan, Menjaga kerukunan umat beragama menjadi tugas dari masyarakat, pemerintah daerah dan pemerintah”

Didalam FKUB terdapat wadah wadah dalam penyelesaian yang berkaitan permasalahan umat beragama, termasuk dalam pendirian tempat ibadah, sehingga apabila terdapat permasalahan tidak perlu lapor kepada Bupati dan Kapolres.

Harapan kedepan kegiatan yang sama akan dilaksanakan dibeberapa kalurahan di wilayah Gunungkidul guna mewujudkan harmonisasi dan merawat kerukunan umat beragama di Kabupaten Gunungkidul.

(Eko p)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here