Desa Pangadegan Rancakalong, Wakili Sumedang pada Lomba Apresiasi Kampung KB Tingkat Provinsi

73
0

MSM TV, Sumedang – Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Sari Kusumah, Desa Pangadegan Kecamatan Rancakalong lolos pada tahap penilaian enam besar Lomba Apresiasi Kampung KB Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Sebelumnya, Kampung KB Sari Kusumah telah mengikuti tahapan administrasi, pengecekan website Kampung KB Online dan profil serta terakhir tahap wawancara di lapangan.

Kampung KB Sari Kusumah merupakan Kampung KB terakhir yang dinilai oleh Tim Rechecking dari 11 Kabupaten Kota di Jawa Barat yang masuk tahap peninjauan lapangan.

Ketua Tim Recheking Provinsi Jawa Barat Wiwin Winarni mengatakan, pihak juri ingin melihat Kampung KB bukan hanya dari para penggeraknya saja, tetapi benar-benar dirasakan oleh masyarakat yang ada di pemukiman.

“Juri itu tugasnya mencari sesuatu yang berbeda. Karena kalau sudah masuk dalam rechecking Provinsi Jawa Barat, standar minimalnya sudah terpenuhi tinggal mencari yang bedanya,” ujarnya, Selasa (21/3/2023).

Dikatakannya, untuk lolos ke tahapan tersebut cukup panjang, karena selain harus cek administrasi, juga website serta profil dan yang dilaporkan divalidasi kemudian di wawancara melalui berbagai pertanyaan dengan alokasi waktu 30 menit.

“Kami tim juri melihat dan mevalidasi serta memastikan bahwa apa yang sudah direspon saat wawancara dan yang dilaporkan baik pada profil maupun pada website Kampung KB Online betul adanya. Itu tidak mudah karena semua sudah memberikan yang terbaik,”nkata Wiwin.

Wiwin mengatakan, apresiasi Kampung KB ini adalah salah satu pendekatan pembinaan dimana antara kota dengan kabupaten dibedakan karena parameter penilaiannya berbeda.

“Nanti akan dipilih satu untuk dibawa ke pusat. Setelah terpilih,  juara satu  kabupaten dan juara pertama kota akan dilihat lagi mana yang bisa memperlihatkan hasil hasil terbaik.  Dari pemenuhan standar minimal, indikator program, inovasi dan evidennya ada dilapangan serta ada percepatan,”tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan berharap kegiatan tersebut mampu mengimplementasikan revolusi mental yang berbasis keluarga yang disesuaikan dengan kearifan lokal.

“Dengan lolosnya Kampung KB Desa Pangadegan dalam tahap peninjauan lapangan dalam Lomba Apresiasi Kampung KB Tingkat Jawa Barat, kita  berharap Kampung KB Sari Kusumah bisa menjadi yang terbaik di Jawa Barat,” tuturnya.

Dikatakan Wabup, walaupun menjadi juara lomba bukan tujuan utama tetapi ini adalah bukti keseriusan pemkab Sumedang dalam mengelola Kampung KB agar masyarakat dapat meningkat kualitas hidupnya.

“Tentunya kami berharap menjadi yang terbaik di Jawa Barat,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here