Polres Pesisir Barat Melaksanakan Pengamanan Unjuk Rasa Aksi Solidaritas Petani Sawit

115
0

MediaSuaraMabes, Pesisir Barat – Waka polres pesisir Barat KOMPOL RAFLI YUSUF NUGRAHA, S.H, S.ik,. M.I.P mewakili Kapolres pesisir barat AKBP ALSYAHENDRA, S.ik, M.H membenarkan bahwa ada aksi unjuk rasa damai yg dilakukan masyarakat (petani sawit)ke kantor pemkab Pesisir barat , Senin 27/02/2023.

Lebih lanjut Kompol Rafli mengungkapkan, dalam hal UNRAS tersebut polres pesisir barat melakukan pengamanan dengan menurunkan anggota sebanyak 80 personil, tentunya kami dalam melaksanakan pengamanan dengan humanis.

Sebelum pelaksanaan pengamanan Kompol Rafli mengapelkan anggota yg melaksanakan pam di kantor pemkab Pesisir barat dan ada beberapa APP yg disampaikan antara lain laksanakan PAM dengan humanis, pergerakan anggota sesuai komando pimpinan serta tetap menjaga keselamatan dan kesehatan dalam pelaksanaan tugas.

Waka juga berpesan kepada para pengunjuk rasa agar dalam penyampaian unras dilakukan dengan tertib dan damai. Anggota kepolisian polres Pesisir barat yang melaksanakan pengamanan membagikan air mineral kepada pengunjuk rasa

Koordinator lapangan (Korlap) aksi, Nur Zaman dalam orasinya mengatakan, Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal pernah mengatakan lahan kelapa sawit milik PT. Karya Canggih Mandiri Utama ( PT.KCMU)  sudah tidak memiliki izin. Mereka menuntut Pemkab Pesisir barat untuk mengambil sikap tegas terkait konflik yang terjadi.

Sekira pukul 10.30 wib wakapolres pesisir barat Kompol Rafli kemudian meminta agar 10 orang perwakilan masyarakat untuk masuk menemui Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat Lampung untuk bermediasi. Di dalam mediasi itu perwakilan warga menyampaikan beberapa tuntutan kepada Pemkab Pesisir Barat.

Perwakilan Audiensi Masa Aksi yang masuk ruang rapat :*

1. Nurjaman ‘Caknur’
2. Yasmi Dona ‘Penasehat Hukum’
3. Mardi Suhenda ‘Ngambur’
4. Dahlawi ‘sumber Agung’
5. Mat Khoiri ‘Tanjung Raya’
6. Badri ‘Marang’
7. Ngatiran ‘Marang’
8. Zurni ‘Bagun Negara’
9. Marimun ‘Bangun Negara’
10. Maryadi ‘Ngambur’
11. Khotman Hasan ‘Tanjung Raya’
12. Syah Uban  ‘Ngambur’

Kegitan Audiensi dengan Perwakilan masa Aksi dihadiri Oleh , Wakil Bupati Pesisir Barat A.Zulqoini Syarif, SH,Kapolres Pesisir Barat  AKBP. Alsya Hendra, S.IK.MSi, Wakapolres Pesisir Barat Kompol Rafli Yusuf Nugraha, SH.,S.IK.,M.IP, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs. Zukri Amin, MP, Staf Ahli Bupati atau Plt. Kadis PMP Pemkab Pesisir Barat Imam Habibudin, SHut, Kadis Pertanian Pemda Kab. Pesisir Barat Unzir, S.P.
– Kabag Tapem Kab.Pesisir Barat Hendra Wijaya, Kasat Intelkam Polres Pesisir Barat Iptu Feri Yuliansyah, SH.,MM, Kasie Propam Polres Pesisir Barat Ipda Harun Nur Rasyid, SH.,MH, Kasat Pol PP Kab Pesisir Barat Cahyadi Muis, Danramil Pesisir Tengah Kapten Inf Asyadi, Camat Pesisir Selatan Mirton Setiawan, S.Pd.MM, Camat Ngambur Nofron Yosep, Camat Ngaras Andi Indrawara, S.Sos Penyampaian Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan.

Wakil Bupati Pesisir Barat A Zulqoini Syarif SH, menyampaikan Kami sangat menghargai dan sangat mencintai kehadiran bapak dari Petani Sawit,. bapak Kapolres, Dandim, kita telah, Menganggap bahwa bapak bapak yang datang merupakan saudara kita. kita bisa dengarkan aspirasinya agar dapat dicarikan solusinya.

Lanjut Wakil Bupati Pesisir Barat, Bupati Pesisir Barat masih Dinas Luar, kami ucapkan selamat datang. Pemda ini rumah kita semua, silahkan menyampaikan aspirasinya, setelah ini silahkan kita diskusi, perwakilan yang diberikan kesempatan yang melaksanakan audiensi, tujuan kita satu mencari solusi,kami mempasilitasi untuk menyelesaikan masalah Lahan Sawit.

Arahan Waka Polres Pesisir Barat, Pada siang hari ini yang sangat luar biasa, Polres Pesisir Barat baru seumur 2 minggu terbentuk. Cara masa aksi menyampaikan aspirasinya. Sudah betul tempatnya, sudah betul jalurnya, Kabupaten Pesisir Barat mempunnyai potensi, kelihatan kedepannya Kabupaten Pesisir Barat lebih maju kedepannya. semua kita sama di mata Hukum, siang ini kita akan cari win win solusion, kepala boleh panas hati tetap dingin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here