KKB Kembali Berulah, Serang Aparat Gabungan di Intan Jaya

92
0

MediaSuaraMabes, Sugapa – Aparat Gabungan TNI-Polri kembali mendapat gangguan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata di sekitaran Sungai Bawah Bandara Bilorai, Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Selasa (7/3).

Kejadian tersebut dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom saat dimintai keterangan melalui telepon seluler.

Kabid Humas menjelaskan bahwa gangguan tersebut berawal sekitar Pukul 07.55 WIT saat Pesawat Smart Aviation PK-SNG bermuatan Cargo tiba di Bandara Billorai, Kabupaten Intan Jaya dari Kabupaten Mimika.

“Sementara giat bongkar barang Cargo oleh Porter, kemudian terdengar bunyi tembakan sebanyak 5 kali sehingga masyarakat sekitar dengan cepat berlindung ke Pos Pol Bandara untuk berlindung,” ungkapnya.

Lanjutnya, sekitar Pukul 08.20 WIT juga terdapat Pesawat Daby Air ingin landing di Bandara Billorai namun diarahkan untuk kembali ke Nabire karena situasi yang tidak memungkinkan untuk melakukan pendaratan akibat gangguan tersebut.

Ia menyampaikan, Aparat Gabungan yang telah bergeser ke Pos Pasopati J2 kembali mendapat gangguan tembakan sebanyak 3 kali yang kemudian dibalas guna tembakan perlindungan.

AKBP Afrizal Asri S.I.K selaku Kapolres Intan Jaya menambahkan bahwa hingga saat ini aparat Gabungan masih melakukan kontak tembak bersama Kelompok Kriminal Bersenjata tersebut.

“Diduga ini adalah ulah Kelompok Kriminal Bersenjata Kodap VIII Intan Jaya pimpinan Apen Kobogau yang bersama dengan Apertinus Kobogau. Kami juga menduga Kelompok tersebut ingin menganggu aktifitas Bandara namun hal ini akan kami telusuri lebih lanjut,” tegasnya.

Kapolres menyebutkan, pihaknya telah melakukan koordinasi bersama Penanggung Jawab Bandara Billorai untuk menghentikan aktifitas penerbangan di Bandara jika situasi belum membaik.( TN )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here