IWO Indonesia Harus Bisa Jadikan UMKM Sebagai Entrepreneur Baru

79
0

MSM TV, Medan Sumut – Mendirikan organisasi itu tidak lah sulit, tapi yang lebih sulit itu adalah mewujudkan visi dan misi organisasi yang bisa memberi manfaat bagi anggota maupun masyarakat.

Berorganisasi itu pasti dibutuhkan kekompakan dan kejujuran. Tapi itu pun belum dapat dianggap cukup sebelum mampu menciptakan peluang usaha sebagai pendamping organisasi. Agar sirkulasi dapat memberi edukasi bagi organisasi.

Menurut hemat saya Ikatan Wartawan Online (IWO) Indonesia harus bisa menjadikan koperasi atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai Entrepreneur baru. Sehingga tertanam semangat wirausahawan yang mampu melakukan pengembangan suatu usaha.

Demikian dikatakan Tan David Sulaiman (TDS) selaku Ketua Dewan Pembina & Penasehat IWO Indonesia DPW Sumatera Utara, saat menerima kunjungan panitia pelantikan dikediamanya di Jln Madong Lubis, Medan, Rabu (29/03/2023) petang.

Pria yang biasa dipanggil Ko David, yang juga sebagai Ketua Persaudaraan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumut, menyambut baik kedatangan rombongan panitia yang dipimpin Ketua DPW IWO Indonesia, Sumut, Ratno SH, MM.

Sembari menyantap hidangan Berbuka Puasa bersama, Ketua DPW IWOI Sumut Ratno SH, MM didampingi Ketua Panitia pelantikan, Arief, sekretaris Hariaty Panggabean dan Bendahara, Widiayanti dan sejumlah pengurus lainya menyampaikan rencana kerja Panitia Pelaksana (Pansel) pelantikan yang akan diadakan di Wisma Benteng Medan, awal Juni 2023 mendatang.

Bahwa pengurus DPW IWO Indonesia Sumatera Utara yang akan dilantik menyatakan sudah siap. Termasuk tata tertib acara pelantikan maupun para undang.

“Sebaiknya panitia harus mengadakan pengkaderan atau pelatihan kilat bagi setiap wartawan yang mau bergabung ke IWO Indonesia,” ujar Tan David Sulaiman didampingi Adi Zulham dan Sugiarto dengan nada memberi saran.

Pertemuan sembari Berbuka Puasa (Bukber) itu berlangsung penuh keakraban dan kekeluargaan. Apalagi, sosok pria berkulit yang biasa dipanggil Ko David memiliki wawasan hukum, politik dan sosial sangat luas.

Tan David Sulaiman pria berhati dermawan yang gemar membantu anak yatim dan kaum dhuafa serta berkarakter tegas dan bijaksana itu sesekali membuat seloroh dan lelucon sehingga suasana lebih akrab.

“Bagi saya profesi pers itu sangat bergengsi maka DPW IWO Indonesia, Sumut harus diisi orang -orang yang baik dan mampu menjaga nama baik,” tegas TDS dengan nada optimis.

Tapi, ujar TDS dengan nada serius sehingga tatapan mata tim audensi hanya tertuju kepada Ketua Dewan Pembina dan Penasehat DPW IWOI Sumut, menjadi anggota pers harus berani menegakan kebenaran dan keadilan agar tidak dicap sebagai wartawan recehan.

Sebelumnya, Ketua DPW IWO-I Sumut Ratno SH, MM mengatakan bahwa panitia pelantikan sudah dibentuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) Panitia Pelaksanaan Pelantikan DPW IWO-I Sumut periode 2023 -2028.

Lebihlanjut dikatakan, Ratno SH, MM yang juga Pemimpin Redaksi RADARINDO.co.id mengatakan bahwa rekrutmen keanggotaan IWO-I Sumut adalah pekerja pers di media online berbadan hukum.

“Bahwa keanggotaan IWO Indonesia DPW Sumatera terdiri dari puluhan pekerja pers berbasis digital dan media cetak. Artinya anggota IWO Indonesia siap menjadi jurnalis terpercaya yang beredukasi,” ujar Ketua DPW IWO-I Sumut, Ratno SH,MM.

Lebihlanjut ditambahkan Ketua DPW IWO Indonesia Sumut, ia sangat sependapat dengan pernyataan Ketua Dewan Pembina & Penasehat yang juga Ketua PITI Sumut, Tan David Sulaiman bahwa IWO Indonesia harus menjadi Pers yang peduli dan disiplin serta mencerdaskan anak bangsa. Sehingga mampu menciptakan Entrepreneur baru.

(KRO/Hepni JK )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here